Sosialisasi Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Peningkatan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SMK Telekomedika Bogor

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36350/kiat.v1i2.22

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pendidikan, Literasi Teknologi, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) memegang peran penting dalam mendukung inovasi teknologi global, termasuk di bidang pendidikan. AI terbukti dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan personalisasi pembelajaran melalui berbagai aplikasi seperti sistem pembelajaran adaptif, chatbot edukasi, evaluasi otomatis, hingga konten belajar yang dipersonalisasi. Namun, pengamatan di SMK Telekomedika menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengenai AI masih terbatas dan sering dianggap sebagai teknologi eksklusif industri. Selain itu, sekolah menghadapi kendala infrastruktur pendukung, keterbatasan kompetensi guru, serta akses terbatas pada sumber daya dan pelatihan teknologi mutakhir. Kondisi ini menjadi tantangan dalam mengenalkan serta mengintegrasikan teknologi AI ke dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, diperlukan upaya edukasi dan pendampingan untuk meningkatkan literasi teknologi siswa, membekali guru dengan kompetensi AI, serta memperkuat infrastruktur pendukung. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu membuka wawasan siswa SMK Telekomedika tentang pentingnya penguasaan AI, sehingga mereka lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja di era digital yang semakin kompetitif dan sarat teknologi cerdas.

Author Biographies

  • Rajib Ghaniy, Universitas Binaniaga Indonesia

    Information System, Universitas Binaniaga Indonesia

  • Irmayansyah, Universitas Binaniaga Indonesia

    Information System, Universitas Binaniaga Indonesia

  • Hudori, Universitas Binaniaga Indonesia

    Informatic Engineering, Universitas Binaniaga Indonesia

  • Dwi Rahmiyati, Universitas Binaniaga Indonesia

    Information System, Universitas Binaniaga Indonesia

  • Leny Tritanto Ningrum, Universitas Binaniaga Indonesia

    Information System, Universitas Binaniaga Indonesia

References

Luckin R, Holmes W. Intelligence Unleashed: An argument for AI in Education. 2016 Feb 22;

Holmes W, Bialik M, Fadel C. Artificial Intelligence in Education. Promise and Implications for Teaching and Learning. 2019.

AI and education: guidance for policy-makers. UNESCO; 2021.

Tuomi I. The Impact of Artificial Intelligence on Learning, Teaching, and Education: Policies for the Future. 2018.

Artanto D. Penguatan Kesadaran Etis dalam Penggunaan Kecerdasan Buatan melalui Edukasi Filsafat Pendidikan di Lingkungan Perguruan Tinggi. MUJAHADA: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2025 Jun 17;3(1):116–31.

Sholikhin H, Safiq R, Adjel Z, Tamba M, Sebastian R, Mandala S. Penyuluhan Pemahaman dan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pembelajaran bagi Pelajar SMA. Humanity: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2024 Mar 31;1(1).

Fransen LA, Pandora Kesuma D, Chriestina C, Solihan MW, Wahyuni S. Edukasi Etika dan Dampak Penggunaan Kecerdasan Buatan di Era Digital pada Siswa SMA Xaverius 2 Palembang. FORDICATE. 2024 Nov 22;4(1):38–45.

Manullang J, Nduru S. EduAI: Program Pengabdian Masyarakat untuk Pengenalan Teknologi Kecerdasan Buatan di Kalangan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nauli. 2024 Feb 29;2(2):49–56.

M. Rezaalf. mandandi.com. 2020. Kelebihan dan Kekurangan Metode/Tehnik Tanya Jawab Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

Downloads

Published

07/26/2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

Sosialisasi Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Peningkatan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SMK Telekomedika Bogor. (2025). KIAT: Kajian Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 92-101. https://doi.org/10.36350/kiat.v1i2.22