Model Pembelajaran Troubleshooting Komputer dengan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Media Interaktif

Authors

  • Wahyu Hidayat Universitas Binaniaga Indonesia Author
  • R Joko Sarjanoko Universitas Binaniaga Indonesia Author
  • Farhan Zayid Universitas Binaniaga Indonesia Author
  • Syafrial Universitas Binaniaga Indonesia Author
  • Ardin Hersandini Universitas Binaniaga Indonesia Author
  • Dinda Azzahra Universitas Binaniaga Indonesia Author
  • Ratu Khomariah Author

DOI:

https://doi.org/10.36350/kiat.v1i2.18

Keywords:

Troubleshooting Komputer, Artificial Itelligence, SMK, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Di era teknologi informasi dan komunikasi, komputer menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan. Seiring meningkatnya penggunaan komputer, kebutuhan layanan troubleshooting yang cepat dan efisien semakin mendesak. Penerapan teknologi di sekolah tidak hanya mendukung operasional tetapi juga proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa SMK Telekomedika dalam merancang troubleshooting komputer berbasis artificial intelligence (AI). Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan intensif, perancangan troubleshooting dengan AI, pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan siswa, di mana sebagian besar mampu menghasilkan rancangan troubleshooting yang tepat dan inovatif. Evaluasi akhir mencatat peningkatan pemahaman sebesar 85% dan partisipasi 80% siswa dalam kompetisi. Program ini berhasil menciptakan suasana belajar interaktif dan mendukung keberlanjutan melalui pembentukan ekstrakurikuler implementasi AI di sekolah.

References

Santoso TJ. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Semarang: Prima Agus Teknik; 2023.

Natasya RD. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Teknologi Modern. Jurnal Kompteks. 2023;2(1):22–4.

Rusito R, Putra TWA. Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendekteksi Kerusakan Komputer Dengan Metode Certainty Factor. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. 2022 Mar 8;13(1):70–81.

Muttaqin. Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Medan: Kita Menulis; 2023.

Asnawi MF, Sunarto YY. SISTEM PAKAR TROUBLESHOOTING JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Device. 2021 Nov 30;11(2):39–47.

Murphy. Artificial Intelligence Applications to Support K-12 Teachers and Teaching: A Review of Promising Applications, Opportunities, and Challenges. Perspective. RAND Corporation; 2019.

Molenaar. Personalisation Of Learning: Towards Hybrid Human-Ai Learning Technologies. Paris: OECD Publishing; 2021.

Järvenoja, Malmberg, Törmänen, Mänty, Haataja, Ahola, et al. A Collaborative Learning Design For Promoting And Analyzing Adaptive Motivation And Emotion Regulation In The Science Classroom. Frontiers Media. 2020;5.

Isohatala, Näykki, Järvelä. Convergences Of Joint, Positive Interactions And Regulation In Collaborative Learning. Small Group Res. 2020;51(2).

Hakiki. Pengembangan Teknologi Berbasis Artificial Intelligence (AI): Tantangan dan Peluang. Padang: Takaza Innovatix LABS; 2024.

Luger GF, William. Artificial Intelligence Structures And Strategies For Complex Problem Solving. 2nd ed. Cumming Publishing Company Inc; 1993.

Downloads

Published

07/26/2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

Model Pembelajaran Troubleshooting Komputer dengan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Media Interaktif. (2025). KIAT: Kajian Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 65-75. https://doi.org/10.36350/kiat.v1i2.18